Sabtu, 01 April 2017

KONSTRUKSI KAPAL II


BAB I
UKURAN UTAMA KAPAL

Nama Kapal                                        : MV. R PURNA
Type                                                    : CONTAINER
Length Over All ( LOA )                    : 156,67 m
Length Between Perpendicular (LPP) : 146,7 m
Lebar ( B )                                           : 23,5 m
Tinggi ( H )                                         : 12,4 m
Sarat ( T )                                            : 9,18 m
Coefficient Block ( Cb )                     : 0,70
Kecepatan Dinas ( Vs )                       : 18,07 knot
DWT                                                   : 13200 ton












                                                                                  

BAB II
 PERHITUNGAN KONSTRUKSI HALUAN

2.1. Pengertian
     Konstruksi Haluan adalah komponen-komponen perangkat konstruksi yang terdapat pada bagian kulit kapal sepanjang dari haluan sampai buritan. Komponen konstruksi ini termasuk plat konstruksi lambung (pelat sisi, pelat lajur alas, kubu-kubu, pelat lajur bilga), gading besar (web frame), gading-gading utama (main frame), dan senta sisi (side stringer).
2.2. Konstruksi Haluan
 2.2.1. Plat Sisi
            Menurut BKI 2013 jarak gading normal antara 0,2 panjang kapal dari FP sampai sekat ceruk buritan adalah = 600 mm. Di depan sekat tubrukan dan di belakang sekat ceruk buritan jarak gading  tidak boleh melebihi 600 mm. Perhitungan gading utama sesuai dengan ketentuan. (Reff: BKI Vol. II 2013 Sec. 6 Chap. A. 2)
               2.2.1.1. Dibawah Garis Air
               Diambil nilai terbesar dari:
tS1  = 18,3 x  nf x a x + tk   (mm)
tS2  = 1,21 x a x  + tk    (mm)
(Reff: BKI Vol. II 2013 Sec. 6 Chap. C. 1.  2)
 PS1  =  86,63  KN/m2
 PS2  75,93 KN/m2
 PS3  =  110,60 KN/m2


        (untuk L ≥ 90)
                                                              (untuk L ≥ 90)
                                                                        (untuk L ≥ 90)
        =
        =  209,34 – 106,8 = 128,2 N/mm2
nf    =  0,83    (gading memanjang) ; 1,0 (gading melintang)
a      =  0,6      (buritan dan haluan ) ; 0,725 (tengah)
k      =  1,0      (faktor bahan)
tk    =  1,5      (faktor korosi)
a.       . Tebal Plat Sisi Untuk Daerah Buritan (0 ≤ X/L ≥0,2)
tS1    =    18,3 x 1 x 0,6 x + 1,5 
  =    12,11 mm ≈ 13 mm
tS2    =    1,21 x 0,6 x  + 1,5
        =    8,26 mm 9,00 mm
Diambil  tS = 13,00
b.       Tebal Plat Sisi Untuk Daerah Tengah (0,2 ≤ X/L ≥0,7)
tS1    =    18,3 x 1 x 0,725 x + 1,5  
                  =    12,26 mm ≈ 13,00 mm


tS2    =    1,21 x 0,65 x  + 1,5
        =    8,35 mm 9,00 mm
Diambil  tS = 13,00
c.       . Tebal Plat Sisi Untuk Daerah Haluan (0,7 ≤ X/L ≥1,0)
tS1    =    18,3 x 1 x 0,6 x + 1,5  
  =    13,49 mm ≈ 14,00 mm
tS2    =    1,21 x 0,6 x  + 1,5
                                 =    9,14 mm ≈ 10,00 mm
Diambil  tS = 14,00
2.2.1.2. Diatas Garis Air
             Plat Sisi (Reff: BKI Vol. II 2013 Sec. 6 Chap. C. 1.  2)
PS1 = 54,25 KN/m2
PS2 = 40,79 KN/m2
PS3 = 84,43 KN/m2
a.       Tebal Plat Sisi Untuk Daerah Buritan (0 ≤ X/L ≥0,2)
        tS1  = 18,3 x 1 x 0,6 x + 1,5
        = 9,90 mm ≈ 10,00 mm
        tS2  = 1,21 x 0,6 x  + 1,5
              = 6,85 mm 7,00 mm
        Diambil  tS = 10,00

b.      Tebal Plat Sisi Untuk Daerah Tengah (0,2 ≤ X/L ≥0,7)
        tS1  = 18,3 x 1,0 x 0,65 x + 1,5 
                        = 9,39 mm ≈ 10,00 mm
        tS2  = 1,21 x 0,65 x  + 1,5
              = 6,52 mm 7,00 mm
        Diambil  tS = 10,00
c.       Tebal Plat Sisi Untuk Daerah Haluan (0,7 ≤ X/L ≥1,0)
        tS1  = 18,3 x 1,0 x 0,6 x + 1,5  
        = 11,98 mm ≈ 13,00 mm
        tS2  = 1,21 x 0,6 x  + 1,5
                                        = 8,17 mm ≈ 9,00 mm
        Diambil  tS = 13,00
2.2.2   Plat Lajur Atas (Sheer Strake
        Lebar  plat  lajur  atas  dihitung  berdasarkan  rumus: 
        (Reff: BKI Vol. II 2013 Sec. 6 Chap. C. 3)
1.      Tebal plat lajur atas (Sheer Strake) untuk 0,4 L Midship tidak boleh kurang dari pelat sisi, kurang dari 12 mm.
2.      Tebal plat lajur atas (Sheer Strake) yang lebih dari midship sama dengan plat atas kapal dan tidak boleh kurang dari 10 %. Tebal plat lajur alas (Sheer Strake) pada 0,1 L dari AP sama dengan tebal plat sisi. Tebal plat lajur alas (Sheer Strake)  0,5 L dari FP sama dengantebal plat sisi FP.
3.      Lebar tebal plat lajur atas (Sheer Strake)

(Reff: BKI Vol. II 2013 Sec. 6 Chap. C. 3)
   a.  b = 800 + 5.L     (mm)
              = 800 + ( 5 x 102,89)
              = 1314,45 mm » 1400 mm
(Reff: BKI Vol. II 2013 Sec. 6 Chap. B. 5)

b. Tebal pelat lajur atas di luar midship pada umumnya tebalnya sama  dengan
      pada sisi daerah ujung kapal tetapi tidak boleh lebih dari 10% nya.
·      Tebal plat lajur atas pada 0,1 buritan sama dengan tebal plat sisi pada daerah yang sama  = 13,00 mm.
·      Tebal plat lajur atas pada daerah tengah sama dengan tebal plat sisi pada daerah yang sama  = 13,00 mm.
·      Untitled.pngTebal plat lajur atas pada daerah haluan sama dengan tebal plat sisi pada daerah yang sama  = 14,00 mm.
·        









BAB III
KONSTRUKSI DECK KAPAL

3.1    Pengertian
            Konstruksi Deck adalah komponen-komponen perangkat konstruksi yang terdapat pada bagian geladak kapal sepanjang dari haluan sampai buritan. Komponen konstruksi ini termasuk pelat geladak kekuatan, pembujur geladak (Deck Longitudinal), pelintang geladak (Deck Transverse), Cender Deck Girder dan Side Deck Girder.BKI 2013 Volume II Section 7.A.7.1 menyatakan bahwa dalam konstruksi geladak dapat dibagi menjadi 3 bagian geladak yaitu :
-                 Geladak Kekuatan,
(geladak bangunan atas yang membentang sampai 0,4 L tengah kapal dan panjangnya melebihi 0,15 L)
-                 Geladak Bawah, dan
-                 Geladak Helikopter.
(Zona lepas landas/pendaratan didasarkan pada tipe helikopter terbesar yang diharapkan akan memakai geladak helikopter).
3.2 Pelat Geladak Kekuatan 
Tebal  pelat  geladak  kekuatan  dihitung   berdasarkan   rumus  BKI 2013 Volume IISection 7.A.7.1.
TE= 1,21. a . + tk      (mm)          (Reff: BKI 2013 VolIISect 7.A.7.1.)
PD1= 32,47  KN/m2          (untuk buritan kapal)
PD2 =29,52  KN/m2              (untuk tengah kapal)

PD3= 34,78  KN/m2              (untuk haluan kapal)
 a.  Tebal pelat geladak kekuatan untuk daerah buritan kapal
TE1       = 1,21 x 0,6 x  +1,5
        =5,64mm» 6 mm» Diambil Tebal Minimum= 8mm
b.    Tebal pelat geladak kekuatan untuk daerah tengah kapal
TE2       = 1,21 x 0,65 x  +1,5
        = 5,77 mm» 6mm» Diambil Tebal Minimum= 8mm
c.     Tebal pelat geladak kekuatan untuk daerah haluan kapal
                    TE3       = 1,21 x 0,6 x  +1,5
        = 5,78 mm» 6 mm»Diambil Tebal Minimum= 8mm
d.    Tebal minimum pelat geladak kekuatan adalah :
TE        = (5,5 + 0,02 L)  Ök
        = (5,5 + 0,02 x 102,89) x 1
        = 7,56mm ≈ 8 mm
3.3   Balok Geladak (Deck Beam)   
 Modulus balok geladak dihitung berdasarkan rumus BKI 2013 Volume II
Section 10.B.1.
W = c . a . PD . l2 . k      (cm3)            (Reff: BKI 2013 Vol IISect 10.B.1.)
               Dimana :
               c       = 0,75(untuk Beam, Girder dan Transverse)
               a       = Jarak gading yang direncanakan untuk midship = 650 mm

                        Jarak gading yang direncanakan untuk buritan dan haluan = 600 mm
PD1       = 25,93  KN/m2                     (untuk buritan kapal)
PD2         = 23,57  KN/m2                           (untuk tengah kapal)
PD3       = 27,76  KN/m2                           (untuk haluan kapal)
              l         = Panjang tak ditumpu (Buritan dan Haluan = 2,6 m ; Tengah = 2,6 m)
              k        = Faktor material = 1,00
a.     Modulus penampang balok geladak pada kamar mesin, ceruk buritan 0,1 L dari AP tidak boleh kurang dari :
W      = c . a . PD1 . l2 . k 
                              = 0,75 x 0,60 x 25,93 x (2,89)2 x 1,00
                              = 105,56 cm3
Profil yang direncanakan L 130 x 75x 8




b.    Modulus penampang balok geladak pada daerah midship:
W      = c . a . PD2 . l2 . k 
          = 0,75 x 0,65 x 23,57 x (2,89)2 x 1,00
          = 95,96cm3

                    Profil yang direncanakan L 100 x 65x 11




 c.  Modulus penampang balok geladak pada daerah 0,1 L dari FP
W      = c . a . PD3 . l2 . k 
          = 0,75 x 0,60 x 39,91 x (2,89)2 x 1,00
          = 113,04 cm3
Profil yang direncanakan L 130 x 65x 10

                       
 








BAB IV
BULKHEAD DAN BURITAN

4.1   Pengertian   

Sekat melintang adalah bidang konstruksi yang membagi badan kapal pada arah melintang.  Dinding-dinding sekat membagi badan kapal dalam ruangan yang kedap air. Sekat-sekat  ini dibuat  sampai geladak penuh yang teratas atau kedua dari atas yang kontinu, jumlah dinding sekat melintang tergantung dari:
1.  Panjang kapal (LPP)
2.  Letak kamar mesin (ditengah atau di belakang)
3.  Panjang maksimum dari ruang palkah 
4.  Factor syarat-syarat kebocoran kapal (floodable length).
          Sekat kedap air dipasang pada gading dan berdiri pada wrang-wrang penuh atau wrang tertutup pada Doubble Bottom  tempat tersebut yang dipasang dari Doubble Bottom(alas ganda) sampai kebalok geladak deck, kecuali sekat pelanggaran dan sekat kedap air belakang.

4.2.  Sekat Kedap Air Kapal

Sebuah  kapal harus mempunyai sekat tubrukan pada haluan, sekat
   buritan, sekat ruang mesin dan sekat antar ruang muat.
 a.  Sekat tubrukan
·         Tebal pelat sekat kedap air tubrukandihitungberdasarkan rumus BKI 2013 Volume II Section 11.B.2.1.
         ts       = Cp . a . ÖP + tk      (mm)    
              Dimana:                     (Reff : BKI 2013 Volume II Section. 11 B 2.1)
Cp     = 1,1Öf            (Koefesien Cpsesuai Tabel 11.2)


f         = 235/ Re H
          = 235/315 N/mm2= 0,74N/mm2
Cp     = 1,1 x Ö 0,74  = 0,94            
                                                (Reff : BKI 2013 Volume II Section. 11 B 1.3)
        a         = 0,72 (Frame Spacing)
P        = 9,81 x h’
Dimana :   
h’       = 1/2 (H - hdb)
= 1/2 (10,36 – 1,4)
          = 4,48 m
P        = 9,81 x 4,48
          =43,95 KN/m2
tk       = 1,5 (Corosion Factor)
Maka :
ts        = 0,94 x 0,72 x Ö43,95 + 1,5      (mm)
= 5,98 mm ® diambil 6 mm
                          t min = 6,0 x √f
                                    = 6,0 x √0,74
                                    = 5,16 mm® 6 mm
a.      Sekat lainnya
·      Tebal pelat sekat lainnya
ts        = Cp . a . ÖP + tk      (mm)    
                          (Reff : BKI 2013 Volume II Section. 11 B 2.1)

                          Dimana:
                          Cp     = 0,9 x Öf                    (Koefesien Cpsesuai Tabel 11.2)
Cp     = 0,9 x Ö0,74 = 0,77  
(Reff : BKI 2013 Volume II Section. 11 B 1.3)
a        = 0,72 (Frame spacing)
P        = 43,95 KN/m2
tk       = 1,5 (Corosion Factor)
Maka :
ts       = 0,77 x 0,72 x Ö43,95  + 1,5    (mm)
          = 5,17 mm ® diambil 6 mm
t min = 6,0 x √f
                    = 6,0 x √0,74
                                    = 5,16mm®6mm
4.3.  Stiffener pada Sekat Kedap Air Kapal
a.   Modulus   penampang   penegar  sekat  kedap air antara  ruang  muat dan ruangmesin dan sekat yang lainnya tidak boleh kurang dari:
W       = Cs . a . l2 . P      (cm3)
Dimana :              (Reff : BKI 2013 Volume II Section 11.B.3.1)
Cs      = 0,265 . f
          = 0,265 x 0,74 = 0,196
a        = 0,720
l         = panjang tak ditumpu = 1,85 m                                      
P        = 43,95 KN/m2     

Maka :
W      = 0,196 x 0,72 x (1,85)2 x 43,95
          = 21,23cm3


Profil yang direncanakan L 60 x 40 x 7         
 





b.  Modulus penampang penegar sekat kedap air tubrukan dihitung berdasarkan rumus BKI 2013 Volume II Section 11.B.3.1.
W       = Cs . a . l2 . P      (cm3)               
                    Dimana :              (Reff : BKI 2013 Volume II Section 11.B.3.1)
     Cs      = 0,33 . f
   = 0,33 x 0,74 = 0,24
                    a         = 0,72
l         = panjang tak ditumpu = 1,85 m
P        = 43,95 KN/m2




Maka :
W      = 0,24 x 0,72 x (1,85)2 x 43,95    
          = 25,99 cm3
Profil yang direncanakan L 75 x 55  x 5        
         
4.4.  Web Stiffenerpada Sekat Kedap Air Kapal
a.  Modulus web stiffenersekat  antara  ruang  muat dan ruang  mesin dan sekat yang lainnya tidak boleh kurang dari:
W       = Cs . a . l2 . p. k      (cm3)
                     (Reff : BKI 2013 Volume II Section 11.B.3.1)
Dimana :
Cs= 0,265 . f                  (Koefesien Cssesuai Tabel 11.2)
= 0,265 x 0,74 = 0,196         
                                       (Reff : BKI 2013 Volume II Section. 11 B 1.3)
a        = lebar pembebanan          = 2,88 m          P= 43,95KN/m2
l         = panjang tak ditumpu      = 1,85 m          k= 1,0(faktor bahan)
jadi;
Wperhitungan  = 0,196 . 2,88 . (1.85)² . 43.95. 1
          = 84,91 cm3
Jadi profil yang digunakan T 140 x 14 (tabel annex)
Koreksi modulus : 
        Lb      = (40-50) t = 50 x t
                  = (50 x 6) = 300 mm

        F        = Lb x t (cm)
                  = 30 x 0,6 = 18 cm2
        fs       = panjang profil x tebal profil (cm)                      
                  = 14 x 1,4 = 16,8 cm2       
                  ; fs / F = 1,09
        Wprhit  = 10% Whit + Whit
                  = 93,4cm3
        w       = W / F.h
                  = 93,4 (18x 14)
                  = 0,37                                 ; f / F=0,1 (dari grafik annex)
        f         = (f/F) x F
                  = 0,1 x 18=1,8
        Fperhitungan= f / tebal profil (cm)
                  = 1,8 / 1,4
                  = 1,29 cm = 12,9 mm
        Jadi : W (perencanaan) > W (perhitungan)
Wperencanaan = w. F. h
          = 0,37 . 18 . 14
          = 93,4 cm3                 (memenuhi) 
Profil yang direncanakan T 140 x 14 FP 12,9 x 14
b.  Modulus web stiffener sekat kedap air tubrukan tidak boleh kurang dari :
W       = Cs . a . l2 . p . k      (cm3)

Dimana :                          (Reff : BKI 2013 Volume II Section. 11.B.3.1)
Cs       = 0,33 . f               (Koefesien Cssesuai Tabel 11.2)
= 0,33 . 0,74 = 0,24
a        = lebar  pembebanan         = 2,88 m          P          = 43,95 KN/m2
l         = panjang tak ditumpu      = 1,85 m          k          = 1,0(faktor bahan)
Wperhitungan              = 0,24 . 2,88 . (1,85)² . 43,95. 1
                            = 103,97 cm3

Jadi profil yang digunakan T 160 x 13 (tabel annex)
Koreksi modulus : 
        Lb      = (40-50) t = 50 x t
                  = (50 x 6) = 300 mm
        F        = Lb x t (cm)
                  = 30 x 0,6 = 18 cm2
        fs       = panjang profil x tebal profil (cm)                      
                  = 16 x 1,3 = 20,8 cm2       
                  ; fs / F = 1,16
        Wprhit  = 10% Whit + Whit
                  = 114,37 cm3



        w       = W / F.h
                  = 114,37 / (18 x 16)
                  = 0,4                                   ; f / F=0,09 (dari grafik annex)
        f         = (f/F) x F
                  = 0,09 x 18=1,62
        Fperhitungan= f / tebal profil (cm)
                  = 1,62 / 1,3
                  = 1,62 cm = 16,2 mm
        Jadi : W (perencanaan) > W (perhitungan)
Wperencanaan = w. F. h
          = 0,4 . 18 . 16
          = 114,37 cm3             (memenuhi) 
Profil yang direncanakan T 160 x 13 FP 16,2 x 13
4.5.  Transverse Stringer (Senta Lintang)pada Sekat Kedap Air Kapal
       Modulus Transverse Stringersekat tidak boleh kurang dari :
        W= Cs . a . l2 . p . k      (cm3)
      (Reff : BKI 2013 Volume II Section 11.B.3.1)
Dimana :
a = lebar pembebanan      = 1,85 m                      P= 43,95 KN/m2
l= panjang tak ditumpu    = 2,88 m                      k = 1,0 (Faktor bahan)
a.   Modulus Transverse Stringerantara ruang muat, ruang  mesin dan sekat yanglainnyatidak boleh kurang dari :

       W= Cs . a . l2 . p . k      (cm3)
       (Reff : BKI 2013 Volume II Section 11.B.3.1)
Dimana :
Cs= 0,265 . f                (Koefesien Cssesuai Tabel 11.2)
= 0,265 x 0,74 = 0,196      
jadi;
Wperhitungan  = 0,196 . 1,85. (2,88)² . 43,95. 1
             = 132,18 cm3
Jadi profil yang digunakan T 180 x 14 (dari tabel annex)
Koreksi modulus : 
Lb    = (40-50) t = 50 x t
        = (50 x 6) = 300mm

F      = Lb x t (cm)
        = 30 x 0,6 = 18 cm2
fs     = panjang profil x tebal profil (cm)                    
        = 18 x 14 = 25,2 cm2        
        ; fs / F = 1,4
Wprhit= 10% Whit + Whit
           = 145,4 cm3



w     = W / F.h
        = 145,4 / (18 x 18)
        = 0,45
        ; f / F=0,08 (dari grafik annex)
f       = (f/F) x F
        = 0,08 x18= 1,44
Fperhitungan= f / tebal profil (cm)
                  = 1,44 / 1,4
                  = 1,03 cm = 10,3 mm
Jadi : W (perencanaan) > W (perhitungan)
Wperencanaan = w. F. h
= 0,45 . 18 . 18
          = 145,4 cm3               (memenuhi) 
Profil yang direncanakan T 180 x 14 FP 10,3 x 14


b.   Modulus Transverse Stringer sekat kedap air tubrukan tidak boleh kurang dari :
       W= Cs . a . l2 . p . k      (cm3)
       (Reff : BKI 2013 Volume II Section 11.B.3.1)
            Cs        = 0,33 . f                     (Koefesien Cssesuai Tabel 11.2)
= 0,33 . 0,74 = 0,24

Wperhitungan  = 0,24. 1,85. (2,88)² . 43,95. 1
                         = 161,86 cm3
Jadi profil yang digunakan T 180 x 16 (dari tabel annex)
Koreksi modulus : 
Lb    = (40-50) t = 50 x t
        = (50 x 6) = 300 mm
F      = Lb x t (cm)
        = 30 x 0,6 = 18 cm2
fs     = panjang profil x tebal profil (cm)                    
        = 18 x 1,6 = 28,8cm2        
        ; fs / F = 1,6
Wprhit= 10% Whit + Whit
           = 178,04 cm3
w     = W / F.h
        = 178,04 / (18 x 18)
        = 0,55                                           ; f / F=0,15 (dari grafik annex)
f       = (f/F) x F
        = 0,15 x 18 = 2,7
Fperhitungan= f / tebal profil (cm)
                  = 2,7/ 1,6
                  = 1,69 cm = 16,9 mm
Jadi : W (perencanaan) > W (perhitungan)

Wperencanaan      = w. F. h
= 0,55 . 18 . 18
                = 178,04 cm3               (memenuhi) 
Profil yang direncanakan T 180 x 16 FP 16,9 x 16
 













Tidak ada komentar:

Posting Komentar